Minggu, 03 Agustus 2008

Lesson Plan SMP kelas 1

Judul : Alat Ukur dan Massa jenis disekitarku

Kelas / Semester : VII / I
Pertemuan : 2, 3, 4, 5, 6, dan 7
Waktu : 2 x @ 45 menit

Standar Kompetensi :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda alam dengan menggunakan peralatan.
3. Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompentensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.3.Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari


Pertemuan : 2 dan 5 (Agustus)
A. Indikator :
Siswa mampu membedakan besaran pokok dan turunan beserta satuannya.
Siswa mampu menerapkan besaran pokok beserta satuannya.
B. Informasi Pembelajaran :
1. Guru menjelasan mengenai besaran pokok dan turunan beserta satuannya.
2. Guru menjelaskan dengan simulasi perbedaan satuan baku dan tidak baku.
3. Guru menjelaskan rencana observasi pengukuran untuk pertemuan berikutnya.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. LKS 1
(Pengukuran dan satuan)
2. LKS 2
(Oservasi alat ukur dilingkunganku)
D. Sumber Pembelajaran
1. Alat dan bahan :
i. Alat :
Pengaris Ukur.
ii. Bahan :
Siswa-siswi Semesta Hati sebagai voluntir.
2. Link pembelajaran (berbasis internet) :
www.organisasi.or.id
www.e-dukasi.or.id
www.wikipedia.com
E. Metakognitif : Berpikir analis dan matematika dalam mempelajari besaran.
MI : Logis-matematis, Naturalis, Kinestetis dan Interpersonal.
F. Penilaian :
1. Individu
1. Tugas Dea: Pengolahan data pengamatan tinggi anak Semesta Hati.Dilengkapi menjawab pertanyaan dibawah ini. Tugas ini diemailkan ke guru.
Tabel Pengolahan Data
No
Nama
Tinggi [dalam satuan CGS (cm)]
Jengkal (Dea)
Jengkal (Indri)
Foot
(Dea)
Foot
(Indri)
Tinggi [dalam satuan SI (meter)]
























Keterangan :
1 jengkal Dea = ....cm 1 jengkal Indri = ...cm
1 foot Dea = ... cm 1 foot Indri = ...cm
2. Pertanyaan Untuk Dea :
1. Sebutkan jenis besaran pokok dan lambang yang digunakan dalam observasi tersebut ?
2. Kepanjangan SI dan CGS adalah…
3. SI dan CGS besaran pokok dari pengukuran diatas adalah ?
4. Kenapa hasil pengukuran dirimu dan temanmu berbeda ? jelaskan?
5. Dengan pengukuran mengunakan jengkal dan kaki atau foot, menurutmu apakah tepat digunakan secara sekala internacional ¿
6. Bagaimana solusi yang tepat untuk permasalah ini ?
7. Sebutkan jenis besaran lain dan lambang yang lain ?
8. Buatlah tabel Besaran Turunan secara lengkap.

3. Tugas Indri:
1. Indri menyalin data pengamatan dan rangkuman dari guru di kelas.
2. Kegiatan pebelajaran setelah selesai menyalin no 1 maka mahami SI sebagai satuan internasional pada besaran panjang memiliki satuan meter (m) dan CGS sebagai sentimeter (cm).
3. Indri memahami skala matematika dimana 1 meter adalah 100 cm.
4. Indri menyalin data pengamatan di rumah.
4. Ujian.

Pertemuan : 2 (31 Juli 2008) dan 4 (Agustus)
A. Indikator :
Siswa mampu mengindentifikasi jenis alat ukur beserta jenis besaran dan satuannya dengan tepat.
Siswa mampu mengelompokkan jenis alat ukur dengan tepat.
B. Informasi Pembelajaran :
Guru mengajak siswa observasi alat ukur ke pasar.
Guru menjelasan alat ukur dan satuan terkecil setiap alat ukur yang ditemui.
Guru menjelaskan tugas untuk masing-masing anak dan diperkuat di email sekolah yang akan disampaikan oleh guru pendamping.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. Siswa dan guru observasi ke pasar Antri.
2. Siswa mengindetifikasi alat ukur dan satuan terkecil.
3. Siswa mendokumentasikan alat ukur yang bersangkutan.
4. Siswa mencatat dan mengelola data sesuai tabel (Pertemuan 4 dan PR).
5. Siswa mencari informasi tambahan tentang observasi dan data pelengakap alat ukur lain.
6. Siswa membuat presentasi dengan powerpoint tentang alat ukur menyangkut ; fungsi, ketelitian, ukuran maksimal dalam satuan SI dan CGS.
7. Sumber Pembelajaran
b. Alat dan bahan :
i. Alat :
Komputer.
ii. Bahan :
Hasil dokumentasi dari pasar.
Dokumentasi dan informasi pelengakap Alat ukur lain dari internet.
Buku :
c. Link pembelajaran (berbasis internet) :
www.organisasi.or.id
www.e-dukasi.or.id
D. Metakognitif : Berpikir analis dan matematika dalam mempelajari alat ukur.
E. MI : Logis-matematis, Naturalis, Kinestetis dan Interpersonal.
F. Penilaian :
1. Individu
Tugas Dea:
Pengolahan data observasi Alat Ukut. semua jenis alat ukur (panjang, massa, waktu, dll).
Tabel Obeservasi Alat ukur
No
Nama Alat ukur
Gambar
Ukuran maksimal (dalam SI)
Ukuran mininal
(dalam SI)















Pembuatan persentasi alat ukur Dilengkai gambar, fungsi, ukuran maksimal pengukuran, ukuran minimal atau ketelitian.
Tugas tabel ini diemailkan ke guru. Powerpoint yang telah diubah ke word di kirim ke guru (karena file besar sulit dikirim via email). Powerpoint diprint 2 untuk Dea dan Indri.
Tugas Indri :
Selama pelajaran ke 5 adalah menyalin catatan yang guru berikan.
Setelah mencatat dilakukan membaca dengan jelas hasil catatan.
Indri melakukan penguatan informasi alat ukur penting dari catatan tersebut.
Indri memperoleh print powerpoint dari Dea.
Tugas dirumah adalah menjawab pertanyaan dengan sumber dari catatan, buku dan print powerpoint dari Dea.
Tugas dikumpulkan ke guru penganti untuk diarsipkan di map guru IPA.
Ujian.

Pertemuan : 6 dan 7 (Agustus)
[Kerja-sama dengan kriya]

A. Indikator :
Siswa mampu mengindentifikasi konsep massa jenis.
Siswa mampu menerapkan manfaat konsep massa jenis secara sederhana.
B. Informasi Pembelajaran :
Guru memberikan materi melalui blog tentang massa jenis.
Guru memberikan tugas mencari sejarah tentang penemuan konsep massa jenis dari Archemides.
Guru memberikan tugas menyiapkan peralatan yang digunakan pada pertemuan mendatang bersama guru kriya.
Guru menjelasan tahap pengukuran komponen massa jenis dalam percobaan.
Guru menjelaskan tugas untuk masing-masing anak dan diperkuat di email sekolah yang akan disampaikan oleh guru pendamping.
C. Aktivitas Pembelajaran :
a. Siswa membaca informasi yang guru tulis di blog.
b. Siswa mencari sejarah ditemukan konsep massa jenis dari kisah penemuan massa jenis mahkota raja oleh penemunya yaitu Archimedes.
c. Siswa menjawab soal berhubungan dengan penerapan matematis sederhana dan mengemail ke guru hasil jawaban.
d. Siswa mencatat dan mendiskusikan dengan guru kriya berupa persiapan pembuatan produk dan pengukuran massa jenis dari buah.
e. Siswa mengukur panjang dan lebar atau jari-jari dari buah.
f. Siswa mengukur berat dengan timbangan kue dari buah.
g. Siswa mengikat buah dengan baik agar mudah ditarik ketika dimasukkan ke dalam alat ukur volume (Sederhana memakai alat ukur volume untuk kue).
h. Siswa memasukan air sepertiga bagian dari alat ukur volume dan memasukkan buah tersebut.
i. Siswa mencatat volume akhir dimana air semula ditambah volume buah.
j. Kemudian buah yang terikat benang di tarik keatas berlahan untuk menghidari air yang berceceran.
k. Siswa mencatat dalam lembar pengamatan.
l. Siswa melanjutkan seluruh data buah diukur secara fisika.
m. Siswa mengukur massa jenis dari seluruh buah yang digunakan.
n. Siswa melanjutkan pembuatan produk dari buah yang telah diukur tersebut.
G. Sumber Pembelajaran
d. Alat dan bahan :
i. Alat :
Komputer.
ii. Bahan :
Hasil dokumentasi dari pasar.
Dokumentasi dan informasi pelengakap Alat ukur lain dari internet.
Buku :
e. Link pembelajaran (berbasis internet) : (akan diupdate di blog)
www.organisasi.or.id
www.e-dukasi.or.id
D. Metakognitif : Berpikir analis dan matematika dalam mempelajari massa jenis.
E. MI : Logis-matematis, Naturalis, Kinestetis dan Interpersonal.
F. Penilaian :
a. Individu
i. Tugas Dea:
1. Pengolahan data observasi Alat Ukut. semua jenis alat ukur (panjang, massa, waktu, dll).
Tabel Obeservasi Alat ukur
No
Nama buah
Panjang (dalam CGS)
Lebar (dalam CGS)
Jari-jari (dalam CGS)
Volume [hasil pengukuran matematis bagunan (dalam cgs)]
Berat benda (dalam CGS)
Volume dengan percobaan (dalam CGS)
Massa jenis (dalam CGS)



























2. Tugas tabel ini diemailkan ke guru.
ii. Tugas Indri :
1. Selama pelajaran ke 6 adalah mencatat dari rangkuman guru.
2. Tugas dirumah menyiapkan bahan untuk percobaan di pertemuan ke 7.
3. Selama pelajaran ke 7 adalah melakukan pengukuran dan percobaan massa jenis.
4. Indri bersama Dea membuat produk dari buah yang telah diukur.
5. Tugas dirumah mencatat tabel pengamatan dan rumus massa jenis.
6. PR diserahkan guru penganti untuk diarsipkan..
Ujian.

2 komentar:

anna mengatakan...

tugas buatku mana bu Arni? :-) salam kenal. Aku lg hunting info SMP di Cimahi. SH ada situsnya ga bu?

XPERIMENTq mengatakan...

assalamualaikum, salam kenal