Minggu, 03 Agustus 2008

Lesson Plan SMP kelas 3

Judul : Pewarisan Sifat dan Sistem Reproduksi serta Penerapan Bioteknologi

Kelas / Semester : IX/ I
Pertemuan : Modul 1 dan 2
Waktu : 2 x @ 45 menit (Sesuai kemampuan siswa).

Standar Kompetensi :
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompentensi Dasar :
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan


Pertemuan : ke 2, 3 dan 4 (Modul 1).
Sub Judul : Pewarisan Sifat.
A. Indikator :
Siswa mampu mengidentifikasi gen dan kromosom.
Siswa mempu membedakan genotip dan fenotip.
Siswa mampu menerapkan perbedaan genotip dan fenotip pada observasi pewarisan sifat anggota Semesta hati.
Siswa mampu mengidentifikasi 23 pasang kromosom.
Siswa mampu membedakan autosom dan gonosom.
Siswa mampu menerapkan 23 pasang kromosom dengan pembuatan model gambar.
B. Informasi Pembelajaran :
1. Guru memberikan pilihan kajian informasi dari buku dan internet mengenai gen dan kromosom.
2. Guru menjelasan mengenai gen, kromosom, genotip dan fenotip.
3. Guru memberikan arahan pengamatan pewarisan sifat anggota semesta hati untuk membedakan genotip dan fenotip.
4. Guru memberikan arahan pencarian model 23 pasang kromosom di internet
5. Guru mengajarkan pengolahan data dari observasi.
6. Guru menemani pemilihan bahan sederhana untuk pembuatan model 23 pasang kromosom.
7. Guru menjelaskan kerangka penulisan laporan hasil pengamatan.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. Adri :
i. Membaca literatur.
ii. Mengadakan observasi dari anggota semesta hati.
iii. Mencatat hasil observasi.
iv. Menghitung hasil observasi.
v. Penulisan kerangka laporan.
vi. Pencarian studi literatur dan penyelesaian dilakukan dirumah sebagai PR.
vii. Hasil tulisan di emailkan ke guru sebagai syarat masuk ke modul berikut.
2. Haifa
i. Membaca literatur dari internet.
ii. Mencari informasi dan gambar 23 pasang kromosom.
iii. Membantu observasi pewarisan sifat anggota semesta hati.
iv. Merancang pilihan bahan dan gambar untuk pembuatan model gambar 23 pasang kromosom.
v. Membuat model gambar 23 pasang kromosom.
vi. Melengkapi model gambar dengan pembesan 1 kromosom untuk mempelajari bagian dari kromosom dan penjelasan tentang kromosom yang dapat di ketik dengan komputer dan diprint serta ditempelkan disekitar gambar 23 pasang kromosom.
vii. Hasil Model 23 pasang kromosom di pasang kelas IPA dan difoto sebagai dokumentasi.
viii. Hasil resume tentang kromosom dikirim ke email guru sebagai syarat pembelajaran modul berikut.
D. Sumber Pembelajaran
1. Alat dan bahan :
i. Alat :
1. komputer
2. Alat prakarya
ii. Bahan :
Internet
Bahan prakarya : karton dan kertas lipat.
Buku : Grafindo
2. Link pembelajaran (berbasis internet) :
www.organisasi.or.id
www.wikipedia.com
www.crayonpedia.or
Key word : Gen, Kromosom, autosom, gonosom, 23 pair chromoshom.
E. Metakognitif : Berpikir analis dan matematika dalam mempelajari pewarisan sifat.
MI : Logis-matematis, Naturalis, Kinestetis dan Interpersonal.
F. Penilaian :
1. Individu
1. Tugas Adri: Pengolahan data pengamatan pewarisan sifat anggota Semesta Hati.Dilengkapi menyimpulkan dan menuliskan laporan sebagai PR. Tugas ini diemailkan ke guru.
2. Tugas Haifa: menyelesaikan model 23 pasang kromosom beserta contoh bagian kromosom dan resume sebagai keterangan gambar. Resume di kirim ke email guru.

Pertemuan : ke 5 dan 7 (Modul 2).
Sub Judul : Hukum Pewarisan (Mendel).

A. Indikator :
1. Siswa mampu mengidentifikasi Hukum pewarisan sifat (Mendel).
2. Siswa mampu membedakan persilangan dengan tepat.
3. Siswa mampu menerapkan konsep hukum pewarisan sifat atau mengenal tokoh Mendel dengan portofolio.
B. Informasi Pembelajaran :
1. Guru memberikan pilihan kajian informasi dari buku dan internet mengenai Hukum pewarisan sifat (Mendel).
2. Guru menjelasan tugas pertama sebagai syarat dalam mengerjakan portofolio dengan menjawab pertanyaan seputar hukum pewarisan sifat (Mendel).
a. Jelaskan Hukum pewarisan sifat Mendel ?
b. Sebutkan beserta contoh mengenai jenis-jenis persilangan
c. Tuliskan simulasi untuk masing-masing persilangan untuk memperoleh turunan pertama dilengkapi keterangan.
3. Guru memberikan pilihan pembuatan portofolio dan penjelasannya.
4. Guru pendamping menemani siswa melakukan pembuatan protofolio.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. Membaca literatur.
2. Menjawab pertanyaan.
3. Mengirim email hasil jawaban pertanyaan.
4. Memilih protofolio yang akan dilakukan.
5. Menyiapkan bahan protofolio dan sumber literatur.
6. Pembuatan protofolio di sekolah 1 kali dan dirumah sebagai PR.
7. Hasil protofolio di dokumentasi dan diemail ke guru.
Pilihan Protofolio:
No
Judul portopolio
Bahan
Ruang lingkup
Keterangan
1
Pesentasi hukum pewarisan.

Power point dilengkapi gambar.
Hukum pewarisan.
Tokoh
Ditemukan teori ini.
Manfaat.
Jenis persilangan.
Simulasi pewarisan dari masing-masing persilangan.
Dimuat di Blog sekolah.
2
Tulisan tentang hukum pewarisan sifat dan mendel sebagai tokohnya.
Di WS.
Hukum pewarisan.
Tokoh
Ditemukan teori ini.
Manfaat.
Jenis persilangan.
Satu jenis simulasi persilangan.
Dimuat di majalah sekolah.
3.
Tulisan biografi Mendel.

Di WS.
Dilengkapi gambar mendel.
Resume atau potongan bagian dari Biografi Mendel.
Dimuat di majalah sekolah atau Blog sekolah.
4
Manga dari Mendel
Di gambar manual (lalu discan).
Atau gambar digital.
Ambil satu bagian hidup Mendel atau Cuplikan Hukum Pewarisan sifat disertai gambar manga dan satu jenis persilangan.
Dimuat di majalah atau blog sekolah.
Referensi dapat mengunakan kartun tokoh dunia.

D. Sumber Pembelajaran
3. Alat dan bahan :
i. Alat :
1. komputer
2. Alat prakarya
3. Scanner.
ii. Bahan :
Internet
Bahan prakarya
Buku :
4. Link pembelajaran (berbasis internet) : (ditambahkan di blog)
www.organisasi.or.id
www.wikipedia.com
www.crayonpedia.or
Key word : Gregor johann Mendel, pewarisan sifat, persilangan kacang ercis Mendel, galur murni, parental, diagram punnet, sifat dominan, sifat resesif, heterozigot, persilangan dominant penuh (persilangan intermediate), persilangan dominant tidak penuh, persilangan dihibrid.
E. Metakognitif : Berpikir analis dan matematika dalam mempelajari pewarisan sifat.
MI : Logis-matematis, Naturalis, Kinestetis dan Interpersonal.
F. Penilaian :
a. Individu :
i. Menjawab pertanyaan.
ii. Pembuatan Protofolio.

Tidak ada komentar: