Dalam blog ini, dapat sharing tentang pembelajaran dan media belajar bagi siswa-siswi semesta hati untuk mata pelajaran IPA.
Kamis, 28 Oktober 2010
KIR SMP tanggal 27 Oktober 2010
Prinsip pemanfaatan sumber daya alam
Pemanfaatan SDA harus didasarkan kebutuhan yang rasional dan bijaksana serta berpedoman pada prinsip-prinsip ekologi
1. Prinsip hemat untuk kebutuhan di masa mendatang
2. Prinsip efektivitas pemakaian tertinggi
Contoh : memotong domba diambil semua bagian tubuhnya.
3. Prinsip eksploitasi tanpa mengganggu kebutuhan sumber daya lain
Contoh : penambangan batubara tidak merusak hutan
Prinsip-prinsip pemanfaatan SD untuk pelestarian lingkungan yaitu :
1. Reduce (mengurangi) -> mengurangi limbah yang tidak perlu atau memanfaatkan barang seperlunya
2. Reuse (memakai kembali) -> menggunakan kembali barang yang masih layak pakai
3. Recyle (mendaur kembali)-> mendaur ulang sampah menjadi barang lain yang bermanfaat
4. Treatment (pengolahan)-> mengelolah sampah menjadi barang lain yang lebih bermanfaat
5. Disposal (pembuangan)-> menyimpan atau mengubur sampah
Pelestarian sumber daya alam:
1. pelestarian in-situ : pelestarian yang dilakukkan di habitat aslinya, contoh : cagar alam dan suaka margasatwa
2. pelestarian ex-situ : pelestarian yang dilakukkan di luar habitat aslnya , contoh : hutan raya, taman nasional.
Latihan soal
Pilihan ganda
1. menurut sifatnya udara tergolong ke dalam jenis sumber daya alam...
a. Tak terbatas
b. Abiotik
c. Dapat diperbarui
d. Tidak dapat diperbarui
2. seluruh unsur yang berasal dari alam dan berguna untuk kehidupan manusia disebut...
a. sumber daya alam
b. sumber daya manusia
c. sumber daya alam mineral
d. sumber daya alam hayati
3. perundangan-undangan yang menjadi pedoman dalam pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam adalah...
a. UU No.23 tahun 1997 tentang lingkungan hidup
b. UU No.32 tahun 1997 tentang lingkungan hidup
c. UU No.23 tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungan hidup
d. UU No.32 tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungan hidup
4. sumber daya alam energi merupakan salah satu penggolongan sumber daya alam, yaitu berdasarkan...
5. Hari lingkungan hidup sedunia diperingati setiap tanggal...
a. 5 maret
b. 5 mei
c. 5 juni
d. 5 juli
6. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan yang dihadapi Indonesia dalam pemanfaatan sumber daya alam adalah ...
a. Kurangnya tenaga ahli dalam pemanfaatan sumber daya alam
b. Mahalnya sarana dan prasarana untuk pengolahan sumber daya alam
c. Tidak seimbangnya kerja sama Indonesia dengan perusahaan asing
d. Melimpahnya bahan baku yang ada
7. Permasalahan utama yang dihadapi oleh Indonesia dalam pemanfaatan sumber daya adalah...
a. Ketidaksiapan dan kualitas sumber daya manusia
b. Ketersediaan sumber daya yang dimiliki terbatas
c. Dukungan peralatan yang minim
d. Minat dan perhatian pemerintah yang minim
8. Suatu tindakan yang dimulai dari kepedulian lingkungan secara menyeluruh dan dimulai dari kegiatan di lingkungan terdekat (sekitar) disebut...
a. Pelestarian in-situ
b. Pelestarian ex-situ
c. Berpikir global dan bertindak lokal
d. Perlindungan dan pengawetan alam
9. Manfaat yang dapat diperoleh manusia dari rotan adalah ...
a. Kerajinan
b. Bahan baku pangan
c. Kayu bakar
d. kertas
10. Mutiara merupakan hasil pemanfaatan dari sumber daya alam...
a. Hewani
b. Nabati
c. Tambang
d. abiotik
11. Prinsip pemanfaatan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dan berkesinambungan dapat dilakukan dengan cara...
a. Reboisasi
b. Sengkedkan
c. Pencangkokan
d. penambangan
12. Sekumpulan individu atau lebih dari satu individu sejenis yang hidup di suatu daerah dan pada waktu tertentu disebut...
a. Individu
b. Populasi
c. Komunitas
d. ekosistem
13. Penghargaan adipura diberikan kepada....
a. Perintis lingkungan hidup
b. Pengabdian lingkungan hidup
c. Penyelamatan lingkungan hidup
d. Kota bersih
14. Berikut ini yang merupakan prinsip pemanfaatan sumber daya alam adalah...
a. Berwawasan lingkungan dan berkesinambungan
b. Pemanfaatan maksimal
c. Pengurangan limbah
d. Proses daur ulang
15. Pelestarian alam yang dilakukan di luar habitat aslinya dikenal dengan istilah ...
a. In-situ
b. Ex-situ
c. Cagar alama
d. Reboisasi
Essay
1. Perhatikan berbagai sumber daya alam berikut : “Padi-kambing-detritivor-besi-kayu jati- air- cahaya matahari-kapas-arus sungai-timah-bensin-bunga-batu”.
Berdasarkan data sumber daya alam tersebut , manakah yang termasuk sumber daya alam biotik, atau kekal? Coba kelompokkan di dalam tabel seperti berikut.
Sumber daya alam biotik Sumber daya alam abiotik Sumber daya alam kekal
2. Sebutkan 3(tiga) sifat yang membedakan sumber daya alam biotik dengan sumber daya alam abiotik.
3. Semakin jauh dari khatulistiwa (ekuator), keaneka ragam sumber daya alam semakin terbatas atau sedikit. Bagaiaman pengaruhnya terhadap penghuni di wilayah tersebut dan coba berikan penjelasnya.
4. Dengan kalimatmu sendiri, jelaskan pengertian :
a. Individu
b. Populasi
c. Komunitas
d. Ekosistem
e. Rantai makanan
f. Jaring-jaring makanan
g. Adipura
h. kalpat
5. Susun atau buatlah skema urutan rantai makanan secara berurutan dimulai dari tingkat pertama hingga akhir.
a. Manusia, rumput, dan lembu
b. Tikus, jagung, ular, dan burung elang.
c. Katak, burung hantu, belalang, jagung, dan ular.
6. Perhatikan secara saksama skema “pengubahan energi matahari dalam ekosistem dunia” berikut ini.
a. Dimanakah kedudukan manusia dalam jaring-jaring tersebut?
b. Selain berperanan sebagai pengelola, sebutkan peran manusia lainnya di dalam skema tersebut.
c. Pada bagian manakah,kebutuhan energi utama untuk kehidupan manusia itu dijumpai?
d. Seandainya di dalam jaring-jaring itu jumlah produsen terus berkurang, apa yang akan terjadi? Coba jelaskan.
e. Apa fungsi pengurai (sekomposer) di dalam jaring-jaring tersebut?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar