Senin, 25 Oktober 2010

LKS Kelas 8 " Pembuluh darah"

Minggu ke-4
Pertemuan ke dua.
Tugas : bacalah dan stabilo.
Kemudian gambar disalin di buku catatan ditambahkan penjelasan singkat proses pembekuan darah (hapalkan). Jawaban tugas dibawah ini dalam buku catatanmu.
1. Jelaskan proses pembekuan darah
2. Sebutkan 3 fungsi darah:
3. Tulis kembali tabel 6.2 golongan darah. Pahamilah kandungan dalam golongan darah memiliki antigen yang sama seperti nama golongan darah kecuali gol darah O. Antibodi yang berlawanan dari nama gol darahnya kecuali gol darah AB. Antigen yang sama akan dapat memberi ke golongan yang memliki antigen yang sama. Antibodi akan memakan sel darah atau tidak cocok untuk didonorkan.
4. Pelajari dan tulis kembali skema transfusi darah
5. Siapakan pendonor universal ?
6. Siapakan resipen universal ?
7. Peredaran darah kita tersusun atas peredaran darah rangkap atau ganda karena memiliki peredaran kecil dan besar. Jelaskan arah peredaran masing-masing dengan detail.
8. Peredaran getah bening
• Terdiri dari :
• Limfa berasal dari:
• Dua daerah pembuluh limfa :
• Kelenjar limfa adalah:
9. Tonsil adalah dan sebutkan 3 tonsil yang dimiliki manusia
10. Kura dan limpa adalah , letak, fungsi :
11. Sebutkan 10 gangguan dan penyakit pada sistem peredaran darah kedalam bentuk tabel.(nama dan definisi)
(Renungkan, dalam darah yang berfungsi alat pengangkut (pengirim pasokan oksigen dan alat angkut sampah karbondioksida juga pengangkut hormon si katalis proses biologis tubuh) juga berfungsi sebagai pertahanan dari benda asing dan penyakit oleh kerja para polisi dan tentara sel darah putih serta pembangunan bagunan rusak si kemping darah, juga pengatur suhu tubuh dari pemasokan oksigen ke sel maka sel akan bekerja menghasilkan energi sehingga dihasikan temperatur tubuh normal. Darah diciptakan 4 macam golongan darah, mengandung makna bahwa Tuhan menciptakan golongan darah sesuai dengan keturunan yang dimilikinya dapat saling menolong antar sesama keluarga karena ikatan darah.
Namun tidak terbatas orang lain dapat mendonor darahnya apabila memiliki antigen yang sama. Jalur peredaran darah (sirkut jalan) dibutuhkan rangkap tidak searah saja dari pusat ke rumah-rumah (peredaraan darah besar). Namun perlu dari BKD(badan keuangan daerah) memasok dana oksigen juga dapat berfungsi mendaur sampah karbondioksida menjadi dana oksigen disebut peradaran darah kecil. Peredaran getah bening mengedarkan hormon dan mineral memiliki simpul dan tonsil. Penyakit terjadi karena banyak faktor, keturunan, sel darah yang berubah jadi kanker, tekanan darah yang tidak normal , atau pembengkakan pembuluh darah, atau penimbunan pada bagian pembuluh darah.)

Tidak ada komentar: