Rabu, 30 Juli 2008

Lesson Plan 4 SD (Homescholling)

Study Lesson:
Hari : 1
A.Indikator :
Siswa mampu mengindentifikasi dan membedakan bagian (akar, batang dan daun serta bunga) tumbuhan dengan tepat.
B.Informasi Pembelajaran :
1. Pembimbing mengajak siswa untuk menikmati tumbuhan-tumbuhan ada disekitar pembelajaran.
2. Pembimbing menjelaskan bagian-bagian tumbuhan pada setiap tumbuhan yang dikoleksi siswa.

C. Aktivitas Pembelajaran :
Siswa mengumpulkan tanaman disekitar rumah (dari tanaman liar dan tidak) secara utuh dari bagian akar sampai daun serta bunga (bila ada).
Siswa menyebutkan kembali seluruh bagian tumbuhan dari tanaman koleksinya.
Siswa mengkoleksi tanaman di buku tugas dengan menempelnya dan memberi nama bagian dari tumbuhan serta menghitung jumlah tanaman.
D.Sumber Pembelajaran
1. Alat dan bahan :
i. Alat :
1. Serok tanah
2. Aqua bekas
3. Mangkok plastik (tempat pengumpulan koleksi tanaman).
4. Selotip besar
5. Buku Kerja (dapat dengan HVS atau buku gambar)
6. Spidol untuk menamai.
ii. Bahan :
1. Tanaman.
E. Format Lembar Kerja :
1.Siswa menuliskan narasi tentang aktivitas mengumpulkan tanaman dan menjelaskan bagian tanaman dari tumbuhan yang ditempelkan pada buku kerja.
Contoh:
Hari ini, saya (nama siswa) berjalan-jalan disekitar rumah. Saya memetik dan mengumpulkan tanaman sebanyak....buah. Saya tahu bagian –bagian tumbuhan. Ada akar, batang, daun, dan bunga.



Seluruh koleksi ditempelkan, diisolasi pada bagian tumbuhan saja (agar bagian kertas yang tidak dipakai dapat ditulisi), diberi nomor dan ditulis bagian tanaman.
Koleksi yang disukai diberi tanda.



Hari kedua :
A.Indikator :
Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
B.Informasi Pembelajaran :
3. Pembimbing menjelaskan fungsi bagian tumbuhan dengan memperagakan percobaan sederhana.
1. Pembimbing menunjukkan perbedaan akar serabut dan tunggang.
2. Pembimbing menunjukkan akar utama dan cabang dari setiap jenis akar.
3. Pembimbing menjelasakan fungsi dari akar (penyerap zat hara, menyimpan makanan, mencegah banjir dan erosi).
4. pembimbing mengajak siswa melihat jenis akar lain (nafas, gantung, rambat dll) disekitar rumah atau di internet dan film).
4. Pembimbing mengajarkan memelihara tanaman.
C. Aktivitas Pembelajaran :
Siswa mempelajari perbedaan tanaman yang disiram dalam pot (atau aqua) dengan tanaman yang tidak disiram (kondisi akar, batang, daun dan bunga).
Siswa mempelajari perbedaan kondisi akar bila dalam air dan tanah dengan akar yang dikoleksi diluar habitatnya (dibuku siswa) dan mendapatkan hubungan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya.
D. Tahapan kerja:
Siswa memilih tanaman berakar serabut dan tunggang dari tanaman sekitar rumah.
siswa menanam dan menyirami satu buah tanaman berakar serabut dan tunggang.
Siswa memasukkan satu buah tanaman berakar serabut dan tunggang di aqua kosong.
Siswa mengamati perbedaan tanaman yang disiram dengan tidak setelah 1-2 jam.
Siswa mengelurakan kembali tumbuhan dalam aqua berpot untuk mempelajari kondisi akar.
Siswa menuliskan keterangan pada koleksinya tentang jenis akarnya.
Siswa menulis narasi tentang percobaanya.
Siswa mengikuti cara pembimbing memelihara tanaman yang baik.

E.Sumber Pembelajaran
1.Alat dan bahan :
Alat :
Aqua 4 buah (2 bertanah dan 2 tidak).
Serok tanah.
Bahan :
Tanah
Tumbuhan
Air.

F.Format lembar kerja:
Tanaman no 1
Akar ....
Petunjuk:
Akar utama
Akar cabang

Narasi:
Hari ini, saya melakukan percobaan tentang akar.
Tumbuhan yang ditanam dan disiram akan memiliki kondisi yang sehat, basah, dan kuat dll.
Tumbuhan yang tidak ditanam dan disiram akan memiliki kondisi yang sehat, kering, kurus, dan lemah, dll.
Akar berfungsi untuk...,...,..., dan ....

Hari ketiga :
Indikator :
Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
Siswa mampu memelihara tanaman dengan baik.
B.Informasi Pembelajaran :
5. Pembimbing menjelaskan fungsi bagian tumbuhan dengan memperagakan percobaan sederhana.
1. Pembimbing menjelaskan perbedaan jenis-jenis daun.
2. Pembimbing menjelaskan perbedaan jenis-jenis batang.
6. Pembimbing mengawasi siswa memelihara tanaman dengan baik.
C. Aktivitas Pembelajaran :
Siswa mempelajari perbedaan kondisi batang bila di habitatnya dengan diluar habitatnya untuk mendapatkan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
Siswa mempelajari perbedaan tumbuhan berdaun dengan tumbuhan yang dipotong daunya untuk mendapatkan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
D.Tahapan aktivitas.
1.Siswa mengambil tanaman disekitar rumah dengan jumlah 3 setiap jenisnya.
2.Siswa memetik setiap helaian daun pada setiap jenis tanaman.
3.Siswa mengkoleksi dengan mengisolasi setiap jenis daun pada buku kerja.
4.Siswa menanam tumbuhan pada aqua dan menyiraminya untuk jenis yang bebeda.
5. Siswa menanam tumbuhan yang telah dipetiki daunnya pada aqua bertanah dan menyiraminya.
6.Siswa membiarkan tanaman dimeja untuk pembanding.
7.Setelah 2-3 jam, siswa mengamati perbedaan kondisi batang dan daun serta tumbuhan secara keseluruhan pada 3 kondisi yang berbeda.
8.Siswa menuliskan narasi dari pengamatan dan menjelaskan fungsi dari daun dan batang.
9.Siswa memelihara tanaman sendiri.
10. Siswa mengkoleksi dan mengisolasi jenis-jenis berbeda dari batang di buku kerja.

E.Sumber Pembelajaran
1.Alat dan bahan :
Alat :
Aqua @ 2 buah (2 bertanah dan 2 tidak) untuk setiap jenis tanaman yang mau diamati.
Serok tanah.
Bahan :
Tanah
Tumbuhan
Air.
F.Format lembar kerja:
Daun no 1
Daun...
Batang no 1
Batang....

Narasi: (contoh)
Hari ini, saya melakukan percobaan pada daun dan batang.
Tumbuhan yang ditanam dan disiram akan memiliki daun dan batang yang sehat.
Daun yang sehat akan berwarna hijau dan segar dan lentur.
Daun yang sakit akan berwarna hijau pucat kekuningan, dan layu dll.
Batang yang sehat akan tegak, segar dan kuat, dll.
Batang yang sakit akan lentur, kurang berair dan pucat.
Daun berfungsi berfotosintesis dan memasak makanan sehingga tanaman sehat.
Batang berfungsi menenggakkan tubuh tumbuhan dan menyalurkan makanan dari daun ke akar serta sebaliknya mengangkut air dari akar ke daun.
Dilengkapi gambar yang menceritakan fungsi daun dan batang (bebas).

Hari ke empat:
A. Indikator :
Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
B. Informasi Pembelajaran :
Pembimbing menjelaskan fungsi bagian tumbuhan dengan memperagakan percobaan sederhana.
Pembimbing menjelaskan fungsi bunga sebagi alat berkembangbiak.
Pembimbing menjelaskan bagian-bagian bunga (sebagai pengayakan).
Pembimbing mengajarkan memelihara tanaman.
C. Aktivitas Pembelajaran :
Siswa mempelajari perbedaan bunga pada tumbuhan biji dan tumbuhan non biji untuk mendapatkan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
Siswa memelihara tanaman dengan baik.

D.Tahapan aktivitas:
1. siswa memetik bunga disekitar rumah.
2. Siswa menngkoleksi dan mengisolasi bunga pada buku kerja.
3. Siswa mengambar bunga secara bebas di buku kerja.
E.Sumber Pembelajaran
Alat : Pemotong tanaman dan gunting.
Bahan : Selotip dan bunga.
F. Format buku kerja.
Bunga no 1
Aku tahu fungsi bunga untuk...
Mengambar

Hari kelima:
Pendalaman materi:
A.Indikator :
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan kepada praktek merawat tanaman dengan baik.
siswa mampu menghayati ciptaan Allah swt dan menyanyangi tumbuhan.
B.Informasi Pembelajaran :
Pembimbing menguatkan dan pengayakan tentang materi tumbuhan.
C. Aktivitas Pembelajaran :
10. Siswa memelihara tanaman dengan baik.
11. Siswa mengerjakan pedalaman materi tentang tumbuhan menjadi prakarya atau drama tentang tumbuhan yang sehat.
D.Tahapan aktivitas :
1. Siswa memelihara tanaman sendiri dengan baik.
2.Siswa memilih pendalam materi yang akan dipresentasikan :
a. Drama tentang tanaman yang sehat.
b.Prakarya tentang tumbuhan.
3. Siswa menyelesaikan pendalaman dengan baik.

Hari Presentasi:
Siswa membawa tanaman peliharaan, bahan pengayakan dan LKS (berupa buku kerja).

Tidak ada komentar: