Rabu, 30 Juli 2008

Lesson Plan Kelas 4 SD (Reguler)

Lesson Plan (Regular):

Standar Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
Kompetensi Dasar :

2.1.Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya

Pertemuan : 1
A.Indikator :
1. Siswa mampu mengindentifikasi dan membedakan bagian (akar, batang dan daun serta bunga) tumbuhan dengan tepat.
B.Informasi Pembelajaran :
1. Guru mengajak siswa untuk menikmati tumbuhan-tumbuhan ada disekitar pembelajaran.
2. Guru menjelaskan bagian-bagian tumbuhan pada setiap tumbuhan yang dikoleksi siswa.
3. Guru menjelaskan fungsi bagian tumbuhan dengan memperagakan percobaan sederhana.
1. Guru menunjukkan perbedaan akar serabut dan tunggang.
2. Guru menunjukkan akar utama dan cabang dari setiap jenis akar.
3. Guru menjelasakan fungsi dari akar (penyerap zat hara, menyimpan makanan, mencegah banjir dan erosi).
4. guru mengajak siswa melihat jenis akar lain (nafas, gantung, rambat dll) disekitar rumah atau di internet dan film).
4. Guru mengajarkan memelihara tanaman.
C. Aktivitas Pembelajaran :
Siswa mengumpulkan tanaman disekitar rumah (dari tanaman liar dan tidak) secara utuh dari bagian akar sampai daun serta bunga (bila ada).
Siswa menyebutkan kembali seluruh bagian tumbuhan dari tanaman koleksinya.
Siswa mengkoleksi tanaman di buku tugas dengan menempelnya dan memberi nama bagian dari tumbuhan serta menghitung jumlah tanaman.
Siswa membedakan jenis akar dan menuliskan keterangan akar pada koleksinya.
Siswa menuliskan mind map dari fungsi akar.
D.Sumber Pembelajaran
1. Alat dan bahan :
i. Alat :
1. Serok tanah
2. Aqua bekas
3. Mangkok plastik (tempat pengumpulan koleksi tanaman).
4. Selotip besar
5. Buku Kerja (dapat dengan HVS atau buku gambar)
6. Spidol untuk menamai.
ii. Bahan :
1. Tanaman.
E. Format Lembar Kerja :
1.Siswa menuliskan narasi tentang aktivitas mengumpulkan tanaman dan menjelaskan bagian tanaman dari tumbuhan yang ditempelkan pada buku kerja.
Contoh:
Hari ini, saya (nama siswa) berjalan-jalan disekitar rumah. Saya memetik dan mengumpulkan tanaman sebanyak....buah. Saya tahu bagian –bagian tumbuhan. Ada akar, batang, daun, dan bunga.



Seluruh koleksi ditempelkan, diisolasi pada bagian tumbuhan saja (agar bagian kertas yang tidak dipakai dapat ditulisi), diberi nomor dan ditulis bagian tanaman, serta jenis akar.
Pertemuan kedua :
Indikator :
1. Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
2. Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
3. Siswa mampu memelihara tanaman dengan baik.
B.Informasi Pembelajaran :
1. Guru menjelaskan fungsi dan bagian tumbuhan dari tumbuhan baru hasil koleksi.
2. Guru menjelaskan dan menunjukkan perbedaan jenis-jenis daun.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. Siswa mempelajari perbedaan jenis daun pada tumbuhan koleksi.
2. Siswa mengkoleksi batang tanaman.
D.Tahapan aktivitas.
1. Guru mengajak obeservasi batang pada tanaman disekitar sekolah.
2. Siswa mengambil batang tanaman disekitar sekolah
3. Guru menjelaskan perbedaan jenis batang dari koleksi siswa.
4. Guru memperagakan fungsi batang dengan demonstrasi sederhana (transprotasi zat hara dan zat gula).
5. Siswa mengambar dan memberi pengamatan serta mengisolasi batang tanaman pada buku kerja.
6. Siswa membuat mind map fungsi batang dan daun.
E.Sumber Pembelajaran
1.Alat dan bahan :
Alat :
Plastik
Pisau
Serok tanah.
Selotip
Gunting
Bahan :
Tumbuhan
F.Format lembar kerja:
Batang no 1
Batang jenis....(berdasarkan)
PR : Melanjutkan pengamatan batang di rumah.


Pertemuan Ketiga :
Indikator :
1. Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
2. Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
3. Siswa mampu memelihara tanaman dengan baik.
B.Informasi Pembelajaran :
1.
2. Guru menjelaskan fungsi dan bagian tumbuhan dari batang.
3. Guru menjelaskan dan menunjukkan perbedaan jenis-jenis batang.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. Siswa mempelajari perbedaan jenis batang pada tumbuhanD.Tahapan aktivitas.
1.Siswa mengambil tanaman disekitar sekolah
2.Siswa memilih daun kesukaan dari koleksi dan mengambarkan di buku kerja.
3.Siswa memberi keterangan pada hasil pengamatan terhadap jenis daun.
4.Siswa menempelkan dan mengisolasi daun pada buku kerja.
E.Sumber Pembelajaran
1.Alat dan bahan :
Alat :
Plastik
Serok tanah.
Selotip
Gunting
Bahan :
Tumbuhan
F.Format lembar kerja:
Daun no 1
Daun...
Berdasarkan jumlah daun dalam setiap tangkai termasuk jenis..
Berdasarkan arah tulang daun termasuk jenis..
Berdasarkan susunan daun termasuk jenis..
PR : Melanjutkan pengamatan daun di rumah selama liburan maulid.
Pertemuan Keempat :
Indikator :
1. Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
2. Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
3. Siswa mampu memelihara tanaman dengan baik.
B.Informasi Pembelajaran :
4. Guru menunjukkan dan menjelaskan fungsi dan bagian tumbuhan dari bunga.
C. Aktivitas Pembelajaran :
2. Siswa mempelajari bagian bunga dan fungsi bunga pada tumbuhan
D.Tahapan aktivitas.
1.Siswa mengambil bunga disekitar sekolah atau membawa bunga dari rumah.
2.Siswa memilih bunga kesukaan dari koleksi dan mengambarkan di buku kerja.
3.Siswa menuliskan bagian-bagian bunga pada buku kerja.
4.Siswa memberi keterangan pada hasil pengamatan terhadap jenis bunga.
5.Siswa menempelkan dan mengisolasi daun pada buku kerja.
E.Sumber Pembelajaran
1.Alat dan bahan :
Alat :
Plastik
Serok tanah.
Selotip
Gunting
Bahan :
Tumbuhan
F.Format lembar kerja:
Bunga no 1
Bunga...
Bagian-bagian bunga:
PR : Melanjutkan pengamatan bunga di rumah.
Pertemuan Kelima :
A.Indikator :
1. Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian dari tumbuhan.
2. Siswa mampu menghubungkan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya dengan tepat.
3. Siswa mampu memelihara tanaman dengan baik.
B.Informasi Pembelajaran :
1. Guru menunjukkan dan menjelaskan fungsi dan bagian tumbuhan dari bunga.
C. Aktivitas Pembelajaran :
1. Siswa mempelajari bagian bunga dan fungsi bunga pada tumbuhan
D.Tahapan aktivitas.
1.Siswa mengambil bunga disekitar sekolah atau membawa bunga dari rumah.
2.Siswa memilih bunga kesukaan dari koleksi dan mengambarkan di buku kerja.
3.Siswa menuliskan bagian-bagian bunga pada buku kerja.
4.Siswa memberi keterangan pada hasil pengamatan terhadap jenis bunga.
5.Siswa menempelkan dan mengisolasi daun pada buku kerja.
E.Sumber Pembelajaran
1.Alat dan bahan :
Alat :
Plastik
Serok tanah.
Selotip
Gunting
Bahan :
Tumbuhan
F.Format lembar kerja:
Bunga no 1
Bunga...
Bagian-bagian bunga:
PR : Melanjutkan pengamatan bunga di rumah.

Tidak ada komentar: