Kamis, 15 Juli 2010

IPA 6 (16 Juli 2010)


Hari pertama belajar ipa kelas 6.
Kita langsung masuk ke materi pertama yaitu : Ciri-ciri Makhluk Hidup

Anak setelah mengerjakan pr dengan membaca bahan bacaan, maka guru dan anak-anak mengecek jawaban pr dengan menunjukkan gambar makhluk hidup terkait.

Anak-anak diberikan worksheet. Anak memperoleh 1 lembar (terbagi 10 Makhluk hidup agar dikerjakan bersama-sama dalam 4 lembar kerja). Anak menulis kembali dari pr dan membaca dari materi ringkas dibawah ini untuk makhluk hidup yang tidak terdapat di bacaan pr.

Ringkasan materi dibawah ini disalin dari beberapa sumber salah satunya Buku Detik-Detik UASBN tahun 2009. Intan pariwara.

1 Bebek
mempunyai jari kaki berselaput yang berguna untuk berenang. Paruh bebek berbentuk panjang dan pipih diujungnya berguna untuk mengkorek tanah dan mencari cacing didalam tanah.
2. Kelelawar
memiliki alat pendeteksi benda-benda di seklilingnya sehingga dapat mengetahui keberadaan mangsanya. Kemampuan ini disebut ekolokasi.
3. cumi-cumi
mampu menyemprot tinta ketika dikejar pemangsa.
4. landak mempunyai rambut berduri sebagai alat pertahanan diri terhadap musuh.
5. bunglon dan cecak
mempunyai lidah yang panjang dan lengket. Lidah seperti ini digunakan untuk menangkap mangsanya yang berupa serangga.
6. kaktus
mempunyai daun kecil yang menyerupai duri dan permukaan batang yang dilapisi lilin. Batang berongga untuk menyimpan air. akar yang panjang untuk menyerap air yang tersimpan jauh dalam tanah(gurun).
7. kantong semar
mempunyai sebuah kantong di ujung daun. Kantong tersebut berguna untuk menangkap (memerangkap) mangsa berupa serangga.
8. Putri malu
mempunyai daun yang mengatup saat disentuh.
9. bunga raflesia mengeluarkan bau busuk. Bau busuk dapat mengundang lalat yang akan membantu penyerbukan tumbuhan ini.
10. tanaman teratai
mempunyai akar dan batang yang berrongga. rongga-rongga udara ini berfungsi membawa oksigen ke akar dan batang.
11. talas
mempunyai daun yang lebar untuk mempercepat penguapan.

Anak-anak membuat mind map yang dicontohkan guru di papan tulis dengan terlebih dahulu membuat sketsa dengan pensil. kemudian menebalkan dengan spidol warna dan dilengkapi penebalan garis dan pemberian gambar.

Lembar kerja di tempel di mading IPA kelas 6.

Melati mengerjakan lembar kerja sebanyak 2 periode.
Lembar periode 1 dikerjakan dirumah. Pendamping melati silahkan melihat materi dibawah ini.
1.Cicak memiliki kaki berperekat untuk menempel di dinding
2.Bebek memiliki paruh untuk mencari cacing,dan kaki berselaput untuk berenang.
3.Kaktus memiliki daun berduri, kecil dan tebal, batang tebal untuk menyimpan air.Akar panjang untuk mengambil air.
4.Unta memiliki punuk untuk menyimpan air, kaki tebal untuk mudah berjalan, bulu mata untuk melindungi dari debu.
5.Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi untuk mengetahui keberadaan mangsa.

Tugas ke dua melati :
Melati mengambar hewan-hewan diatas pada bagian kosong dibawah ini. Melati menceritakan gambar tersebut kembali.

PR
: untuk hari senin.
Anak-anak memilih salah satu makluhk hidup dari 11 pilihan diatas untuk dicari informasi dengan bantuan internet dapat dibawa ke sekolah dalam bentuk file atau hasil print. Hal ini diperuntukkan untuk mading belajar.

Ulangan IPA hari kamis berupa mind map. Selamat mengulang mind map dirumah secara rutin yah.

Tidak ada komentar: